8 Program Unggulan Walikota & Wakil Walikota Depok 2011-2016

PRESS RELEASE
HUMAS DAN PROTOKOL KOTA DEPOK, 27 Januari  2011

Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Depok periode 2011-2016 telah dilaksanakan pada Rabu (26/1) lalu di ruang sidang DPRD Kota Depok. Pelantikan Walikota dan Wakilnya merupakan moment penting bagi warga Depok untuk menentukan arah dan masa depan kota Depok lima tahun kedepan. Untuk itu, masyarakat perlu mengetahui visi dan misi serta program-program yang akan dilaksanakan oleh Dr. Ir. H.Nur Mahmudi Ismail dan KH. Dr. Idris Abdul Shomad, MA sebagai Walikota dan Wakil Walikota periode 2011-2016. Berikut ini adalah 8 program unggulan Walikota dan Wakil Walikota Depok :
1. Gratis biaya pendidikan untuk SD, SMP dan SMA Negeri
Saat ini pemerintah Kota Depok telah menggratiskan biaya pendidikan untuk tingkat SD dan SMP. Pada tahun anggaran berikutnya akan ditingkatkan pendidikan gratis sampai ke jenjang SMA.
2. Menyediakan 1 SMA/SMK Negeri di setiap Kecamatan,
Jumlah Sekolah Menengah Atas di Kota Depok saat ini baru berjumlah 6 sekolah dan Sekolah Menengah Kejuruan 1 sekolah. Jumlah ini masih belum sebanyak jumlah kecamatan yang ada di Kota Depok setelah dimekarkan, yaitu 11 kecamatan. Ditambah lagi ada SMAN yang jumlahnya lebih dari satu yang berada di satu kecamatan, seperti SMAN 2 dan 3 yang berada di wilayah Kecamatan Sukmajaya. Pencanangan program untuk menambah jumlah sekolah tersebut akan diimplementasikan sehingga nantinya setiap kecamatan minimal memiliki 1 SMA atau SMK.
3. Menyediakan 100 beasiswa kuliah di Perguruan Tinggi untuk siswa-siswi yang berprestasi
Disamping pembangunan yang berbentuk fisik, yang telah terealisasi dengan baik, perhatian terhadap pembinaan dan pembentuka SDM yang handal di Kota Depok juga akan diterapkan. Bentuk perhatian tersebut adalah dengan memberikan bantuan kepada siswa-siswi berprestasi di Kota Depok untuk dapat melanjutkan pendidikannya di universitas. Ada 100 beasiswa yang kelak akan diberikan kepada putra-putri Depok, sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas prestasi yang mereka raih.
4. Memberikan layanan gratis untuk pasien penderita Demam Berdarah Dangue (DBD) di kelas III Rumah Sakit Umum Daerah.
Penyakit DBD adalah penyakit yang setiap tahun banyak menyerang warga. Telah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota untuk menekan berjangkit dan mewabahnya penyakit ini. Namun karena banyaknya faktor yang menyebabkan munculnya penyakit DBD, mulai dari kesadaran dan pengetahuan warga tentang bahaya DBD yang kurang, pola hidup tidak bersih dan sampah yang dibuang sembarangan, serta saluran dan genangan air yang tidak diperhatikan, maka belum secara keseluruhan warga bisa terbebas dari terjangkit penyakit DBD. Untuk membantu warga yang tertimpa musibah penyakit DBD ini, akan diberikan program layanan gratis perawatan di Rumah Sakit di kelas III.
5. Pemberian santunan kematian
Program ini terbukti telah memberikan banyak kemanfaatan dan direspon positif oleh masyarakat dan program ini akan terus dilanjutkan.
6. Betonisasi jalan lingkungan
Program keenam adalah betonisasi jalan-jalan lingkungan di seluruh pelosok kota Depok. Dengan jalan yang baik dan mulus, akan sangat membantu mobilitas warga dan memperlancar jalannya roda ekonomi.
7. Memberi kredit tanpa bunga sebesar masing-masing Rp 5 juta untuk 5000 Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
Disamping masalah pendidikan dan kesehatan, masalah perekonomian juga menjadi perhatian. Dengan taraf ekonomi yang semakin baik, maka kehidupan masyarakat akan semakin sejahtera. Untuk penguatan sektor ekonomi adalah dengan memberikan bantuan modal kepada 5000 UKM yang ada di Kota Depok. Bantuan modal usaha sebesar Rp 5 juta diberikan tanpa bunga. Hal ini guna mendorong bergeraknya sektor rill dan terkuatkannya para pelaku usaha kecil dan menengah yang ada di kota Depok.
8. Pemberdayaan ekonomi 3000 pemuda
Pemuda adalah tulang punggung bagi masa depan kota Depok. Maka perhatian yang serius dari Pemerintah terhadap eksistensi dan kualitas mereka adalah sebuah keharusan. Program pemberdayaan ekonomi yang akan disediakan untuk 3000 pemuda Depok. Program ini bukan saja akan menekan jumlah pengangguran, tapi juga mendorong para pemuda Depok memiliki gairah menjadi pelaku-pelaku ekonomi yang handal.
Selain memiliki 8 program unggulan, kedua pemimpin Kota Depok tersebut juga memiliki visi dan misi membawa perubahan dan perkembangan positif bagi Kota Depok. Visinya adalah mewujudkan depok kota maju & sejahtera. Dan misinya adalah mewujudkan pelayanan publik yg profesional berbasis teknologi informasi,  mewujudkan sdm unggul, kreatif & relijius, mewujudkan infrastruktur & lingkungan yg nyaman, serta mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal.

KEPALA BAGIAN
HUMAS DAN PROTOKOL
SETDA KOTA DEPOK

HANI HAMIDAH, S.Sos. M.Si
PEMBINA
NIP. 19630627 198409 2 001

http://www.depok.go.id/28/01/2011/berita-depok/8-program-unggulan-walikota-wakil-walikota-depok-2011-2016

About RT04RW14Beji

Pengurus RT 04 RW 17 Perumahan Orchid Residence, Beji, Depok
This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s